Ini Cara Rawat Tanaman Hias Indoor

Ini Cara Rawat Tanaman Hias Indoor

Tue, 12 Jan 2021Posted by Admin

Sekarang memang lagi musim memilihara tanaman hias apalagi di saat pandemi ini banyak orang menghabiskan waktu di rumah dibandingkan di luar rumah. Tanaman hias memiliki keragaman tentu harganya pun berbeda-beda dan bahkan harganya juga ada yang terbilang cukup mahal.

Maka dari itu banyak orang yang merasa sayang jika tanaman hias mahal mereka diletakkan di luar ruangan. Tak dimungkiri, aneka tanaman hias memang bisa diletakkan di dalam ruangan sebagai tanaman indoor.

Janda bolong, Anthurium, dan tanaman hias lainnya juga bisa ditempatkan di dalam rumah.

Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan tanaman hias di dalam rumah:

1. Sinar matahari

Keluarkan tanaman secara teratur agar mendapat cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhannya yang optimal.

2. Intensitas air dan kelembapan tanah

Tak semua tanaman hias suka dengan media tanam yang basah alias suka air. Ada beberapa jenis tanaman hias yang lebih suka media tanam yang kering dibanding basah.

Perhatikan kelembapan tanaman. Ada beberapa tanaman yang suka kering, sehingga ketika tanah terlalu basah, akar akan mudah membusuk.

3. Gunakan media tepat

Pada dasarnya, memilih media tanam yang tepat ini harus diterapkan untuk semua jenis tanaman baik indoor maupun outdoor.

Memilih media tanam yang tepat akan membantu tanaman tumbuh dengan optimal. Selain itu, media tanam yang tepat juga bakal membuat tanaman 'sehat' dan hidup lebih lama.

4. Bersihkan dari debu

Sekalipun disimpan di dalam ruangan, tak berarti tanaman bakal bebas debu. Tanaman di dalam ruangan juga bisa berdebu.

Jangan lupa bersihkan daun tanaman dari debu yang menempel. Cara termudah untuk membersihkan daun tanaman hias dari debu adalah dengan mengelap tiap lembar daunnya dengan lap basah.

Proses ini terbilang sangat penting karena debu yang menempel di daun akan menghambat fotosintesis dan juga pertumbuhan tanaman.