MotoGP Memasuki Era Baru: Identitas Baru Untuk Olahraga Balap Motor Paling Bergengsi

MotoGP Memasuki Era Baru: Identitas Baru Untuk Olahraga Balap Motor Paling Bergengsi

Fri, 07 Feb 2025Posted by Admin

MotoGP memperkenalkan logo baru untuk musim berikutnya setelah musim balap 2024 berakhir. Logo baru dari MotoGP ini tampak lebih modern dan minimalis. Tidak hanya logo, MotoGP membuat identitas baru yang menjadi suatu evolusi bagi MotoGP mencakup seni visual, animasi, tipografi, identitas visual, dan identitas verbal yang dirancang untuk membawa MotoGP sebagai olahraga balap motor paling bergengsi di dunia ke era baru. Identitas baru ini dirancang oleh studio desain independen terbesar di dunia, Pentagram.

Tagline “FASTER - FORWARD - FEARLESS” diangkat oleh MotoGP untuk menggambarkan semangat balap yang lebih cepat, maju, dan tanpa rasa takut. Evolusi ini dilakukan setelah 75 tahun perjalanan MotoGP sejak Grand Prix pertama kali digelar pada tahun 1949. 

Huruf “M” dalam logo baru MotoGP terinspirasi dari dua motor yang melaju miring dan berdekatan di lintasan, sesuatu yang khas dalam olahraga ini. Huruf “O” mencerminkan geometri roda, sedangkan huruf “T” melambangkan pembalap di antara keduanya - manusia dan mesin.  Sementara itu, “GP” menggambarkan lintasan dan mempertahankan estetika sporty yang kuat.

Dalam peluncuran logo baru ini, MotoGP juga merangkum perjalanan evolusi logonya dari masa ke masa:

  • 1949-2001: Menggunakan logo dengan tulisan “FIM World Championship” yang merepresentasikan Fédération Internationale de Motocyclisme
  • 2002-2006: Menggunakan logo dengan tulisan “motogp” yang dilengkapi dengan 5 kotak berwarna hitam terstruktur yang berujung runcing. Tulisan “moto” ditulis dengan warna merah sedangkan “gp” ditulis dengan warna hitam. 

 

  • 2007-2024: Menggunakan logo yang tidak berbeda jauh dari logo sebelumnya, perbedaannya adalah pada logo ini adalah tulisannya berubah menjadi “motoGP” dengan warna merah. Tak hanya itu, 5 kotak berwarna hitam ujung sisinya diubah menjadi tumpul melambangkan dinamis dan fleksibilitas.

Carmelo Ezpelata, SEO Dorna Sports, mengungkapkan rasa senangnya saat merilis logo baru dan mengundang penggemar di seluruh dunia untuk dapat melihat identitas baru MotoGP. 

“Kami sangat antusias memperkenalkan identitas baru ini dan mengundang penggemar di seluruh dunia untuk bertemu dengan MotoGP yang baru. Bekerja dengan Pentagram adalah petualangan luar biasa yang menghasilkan sesuatu yang kami harap disetujui oleh para penggemar sebagai pencapaian luar biasa. Sebuah merek lebih dari sekadar logo, dan MotoGP lebih dari sekadar olahraga. Proses ini telah mengajarkan kami banyak hal tentang keduanya, dan kami sangat bangga memperlihatkan hasilnya kepada dunia. Pertanyaan utama selama proses ini adalah, ‘Apa itu MotoGP?’, baik di masa kini maupun di masa depan yang ingin kami capai. Kami berharap identitas baru ini mampu mengkomunikasikan setiap aspeknya—mulai dari kecepatan, semangat, hingga segala hal yang ada di antaranya. Inilah MotoGP."